Survei Topografi

Survei Topografi

Survei Topografi merupakan survei yang bertujuan untuk mencari informasi pada permukaan bumi seperti informasi mengenai tinggi rendah hingga keadaan fisik dan posisi suatu objek, baik yang berupa alamiah maupun buatan manusia. Salah satu aplikasi pengukuran survei topografi adalah pengukuran untuk pembuatan kontur dan memetakan objek detil di atasnya. Oleh karena itu, survei ini cocok bagi Anda yang memerlukan pengukuran dalam rangka survei pendahuluan dan pencarian informasi spasial baru dari suatu wilayah.

Pekerjaan topografi selalu dibutuhkan di bidang teknik, berikut beberapa diantaranya :

  • Pembuatan kontur

Informasi ketinggian merupakan hal yang penting di bidang teknik karena digunakan sebagai pertimbangan dalam banyak hal seperti perencanaan dan data dasar sebelum pekerjaan berlangsung.

  • Peta situasi

Pada wilayah baru, objek-objek perlu dipetakan secara detail untuk mengidentifikasi karakteristik dan perencanaan kerja pada suatu wilayah yang belum pernah dipetakan sebelumnya.

  • Pembangunan Kawasan / Perumahan (missal pabrik dll)

Survei topografi membantu dalam pemahaman mendalam tentang topografi atau bentuk permukaan bumi di wilayah yang akan dibangun. Ini meliputi pengukuran elevasi, kemiringan, kontur, dan fitur-fitur lainnya seperti sungai, danau, atau lereng. Informasi ini penting dalam merencanakan lokasi dan tata letak infrastruktur, seperti jalan, jembatan, drainase, dan utilitas.

  • Perencanaan jalan

Pada pemetaan rute jalan, data topografi seperti elevasi, kemiringan, dan kontur permukaan bumi digunakan dalam pertimbangan pemilihan jalur paling optimal dan sesuai dengan kondisi topografi yang ada. Informasi topografi membantu dalam menghindari daerah dengan lereng terlalu curam atau kendala lain yang mungkin mempengaruhi saat pembangunan jalan seperti drainase dan pemasangan profil.

  • Monitoring Volume Tambang

Data topografi digunakan untuk mengendalikan volume material yang diekstraksi atau ditimbun pada pekerhaan tambang. Pengendalian dilakukan dengan membandingkan data survei terbaru dengan data survei sebelumnya sehingga dapat dilakukan perhitungan volume material. Monitoring tambang diperlukan untuk mengelola persediaan material, menghitung produksi, dan mengendalikan penambangan secara efisien.

  • Cut and Fill / Earthwork

Konsep perhitungan volume tidak hanya diterapkan pada pekerjaan tambang, namun juga pada pekerjaan yang berhubungan dengan galian dan timbunan tanah (earthwork). Survei topografi dilakukan untuk memantau perpindahan material tanah agar sesuai dengan perencanaan yang telah dilakukan. Dengan begitu, dapat diketahui seberapa besar kemajuan (progress) pekerjaan yang telah dilakukan