Survei LiDAR

Survei LiDAR

LiDAR adalah teknologi yang efektif untuk memperoleh karakteristik objek atau area secara detail. Dengan prinsip memantulkan pulsa laser ke objek, teknologi ini memberikan hasil yang akurat dan detail mengenai posisi dan bentuk objek yang dipetakan. Selain itu, LiDAR dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang, seperti survei pemetaan, pengukuran permukaan laut, serta identifikasi objek darat maupun laut. Dengan keunggulan tersebut, LiDAR menjadi salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang membutuhkan data yang akurat dan terperinci dengan waktu yang lebih efisien.

LiDAR dapat dimanfaatkan pada beberapa kasus pekerjaan, antara lain :

  • Pemetaan Topografi

Berbeda dengan pemetaan topografi dengan metode lainnya, LiDAR dapat menonjolkan ketelitian detail fitur suatu objek pada wilayah pemetaan. LiDAR memanfaatkan sensor aktif yang dapat menembus sela-sela vegetasi sehingga tidak hanya mengakuisisi data geospasial saja, melainkan juga dapat memodelkan fitur-fitur topografi secara akurat.

  • Eksplorasi Tambang

Data LiDAR dapat diintergrasikan dengan data topografi, geologi, dan informasi geokimia dalam mengidentifikasi potensi mineralisasi pada perencanaan lokasi tambang. Keluaran LiDAR berupa kumpulan titik memungkinkan pemodelan dan analisis yang lebih akurat untuk pemetaan anomali geologi atau tanda-tanda mineralisasi yang mungkin tersimpan di bawah permukaan tanah.

  • Pemodelan 3D Kawasan

Kemampuan LiDAR dalam menangkap kedetailan permukaan objek dapat dimanfaatkan dalam pemodelan 3D kawasan. Memanfaatkan sensor yang dimiliki LiDAR, pemodelan 3D yang dilakukan di permukaan objek yang rumit sekalipun dapat dimodelkan secara detail mengikuti bentuk asli fitur.