Survei GNSS

Survei GNSS

Survei GNSS memanfaatkan teknologi berbasis satelit untuk mengumpulkan data secara akurat mengenai lokasi dan koordinat dari setiap titik yang dipetakan. Survei ini dapat diaplikasikan pada pekerjaan yang membutuhkan ketelitian 2D seperti pemetaan batas tanah. Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan hasil yang akurat dan terpercaya dalam perencanaan survei pemetaan, metode GNSS merupakan pilihan yang tepat untuk Anda.

Beberapa pekerjaan yang dapat diselesaikan melalui pengamatan GNSS, antara lain :

  • Pemetaan batas wilayah

Batas wilayah menjadi hal yang esensial karena bernilai historis dan ekonomis pada beberapa wilayah. Untuk itu, penentuan posisi batas yang tepat perlu diselesaikan melalui metode yang akurat pula salah satunya menggunakan pengamatan GNSS.

  • Pengamatan titik benchmark (BM)

Titik kontrol merupakan titik yang berfungsi sebagai acuan dalam pelaksanaan pekerjaan. Oleh karena itu, posisi titik perlu didefinisikan secara akurat dan tepat untuk meminimalisir perambatan kesalahan akibat kesalahan koordinat.

  • Ground Control Point (GCP)

Pengukuran menggunakan GNSS memungkinkan penentuan koordinat yang akurat dari setiap titik GCP yang nantinya akan digunakan sebagai referensi dalam pemetaan selanjutnya. Keunggulan GNSS adalah mampu mengakuisisi koordinat secara real-time menggunakan metode Real-Time Kinematic (RTK).

  • Batas IUP tambang

Dalam konteks Izin Usaha Pertambangan (IUP), GNSS digunakan untuk menentukan dan memetakan batas-batas geografis dari IUP tambang. Dengan menggunakan perangkat GNSS yang akurat, koordinat geografis dari titik-titik penting seperti batas lahan, dapat diukur untuk keperluan penandaan batas-batas izin yang jelas.