Survei GIS Development

Survei GIS Development

Geographic Information System (GIS) adalah alat berbasis komputer untuk memetakan dan menganalisis fenomena di bumi. GIS dapat mengintegrasikan database dengan operasi seperti kueri dan analisis statistik untuk menghasilkan sebuah visualisasi yang dapat mempermudah pembacaan informasi oleh pembaca. GIS merupakan solusi bagi Anda yang ingin mengelola, menganalisis, dan memvisualisasikan informasi geospasial secara lebih menarik.

Penggunaan GIS saat ini telah berkembang untuk digunakan pada berbagai bidang, antara lain :

  • Web GIS

WebGIS memungkinkan pengguna untuk memvisualisasikan data geospasial dalam bentuk peta interaktif dan dapat diakses bebas melalui web secara online.

  • Peta Bencana

Peta bencana yang didapatkan melalui analisis GIS dapat memvisualisasikan daerah-daerah yang berisiko terkena bencana alam seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, dan letusan gunung berapi, Peta ini dapat digunakan sebagai alat bantu dalam upaya perencanaan mitigasi bencana, pemantauan kondisi daerah yang berisiko, dan penanggulangan bencana.

  • Monitoring Fenomena

Melalui analisis dan algoritma tertentu, GIS dapat dikombinasikan dengan metode lain seperti penginderaan jauh untuk melakukan monitoring beragai fenomena seperti degradasi hutan, kerusakan terumbu karang, dan kenaikan suhu kota.