Survei Foto Udara

Survei Foto Udara

Foto udara menjadi metode yang efektif karena dapat memetakan suatu area dalam skala yang besar. Selain itu, alat yang digunakan lebih fleksibel karena memiliki mobilitas yang tinggi. Oleh karena itu, foto udara dapat digunakan untuk pemetaan pada wilayah yang sulit dijangkau dan memiliki luas yang cukup besar.

Beberapa aplikasi foto udara, antara lain :

  • Perkebunan

Foto udara dapat diaplikasikan pada area perkebunan seperti pengawasan pertumbuhan tanaman, deteksi hama dan penyakit, serta perencanaan irigasi perkebunan. Metode ini dapat dimanfaatkan untuk memetakan area perkebunan yang luas dan melakukan pengawasan secara efektif hanya dengan satu kali penerbangan.

  • Pertambangan

Dengan mobilitas yang tinggi, metode ini cocok digunakan pada bidang pertambangan khususnya dalam perencanaan dan pelaporan kemajuan tambang secara real-time. Selain itu, keluaran foto udara dapat mengevaluasi keamanan dan keselamatan area tambang berdasarkan pemantauan potensi bahaya seperti longsor, keruntuhan lereng, atau kebocoran dam.

  • Perencanaan Wilayah

Foto udara dapat digunakan untuk memantau dinamika pertumbuhan perkotaan dan perubahan penggunaan lahan dari waktu ke waktu. Dengan membandingkan foto udara dari berbagai periode, dapat diamati perkembangan perkotaan, perubahan tutupan lahan, dan perubahan infrastruktur. Informasi ini dapat mengidentifikasi tren perkembangan wilayah sehingga pengambil kebijakan dapat mengevaluasi dan merencanakan pengembangan perkotaan yang berkelanjutan.

  • Mitigasi bencana

Pendeteksian dan pemantauan awal bencana dapat dilakukan dengan foto udara. Secara berkala, perubahan dalam pola sungai, kemungkinan longsor tanah, atau keretakan pada bangunan dapat diidentifikasi. Dengan pemantauan rutin, dapat diberikan peringatan dini dan tindakan mitigasi yang sesuai dengan kondisi perubahan yang terjadi.

  • Orthofoto

Orthofoto merupakan gambar hasil pengolahan foto udara dengan ketepatan geometris yang sangat tinggi dan dapat digunakan untuk berbagai aplikasi seperti pemetaan, analisis lingkungan, pengembangan kota, dan pemantauan perubahan lingkungan.

  • Digital Elevation Model (DEM)

DEM merupakan model representasi ketinggian suatu area yang digunakan sebagai acuan tinggi pada berbagai pekerjaan seperti pengeboran minyak, analisis hidrologi, dan perencanaan tata guna lahan.