Survei 3D Laser Scanner

Survei 3D Laser Scanner

3D laser scanner adalah alat pemindai tiga dimensi berbasis sensor aktif yang mampu memetakan obyek dengan kemampuan memancarkan sinyal laser yang dimiliki. Prinsip pengukuran laser scanner menggunakan sinyal yang dipancarkan berjumlah hingga mencapai 900.000 titik/detik sehingga membentuk kumpulan titik untuk membentuk permukaan atau objek yang dipindai. Kelebihan tersebut membuat laser scanner cocok digunakan untuk pekerjaan yang melibatkan aspek volume.

Laser scanner dapat digunakan pada berbagai bidang, antara lain :

  • Reverse Engineering

Laser scanner digunakan pada Reverse Engineering untuk mendapatkan data geometri 3D yang akurat dari objek yang akan direkayasa balik. Model yang dihasilkan dari laser scanner ini dapat digunakan dalam perancangan produk baru, perbaikan desain, dan/atau analisis fungsi. Kemampuan mendapatkan informasi secara akurat juga berguna dalam simulasi, visualisasi, dan dokumentasi teknis.

  • Perhitungan volume stockpile

Kemampuan pemindaian yang dimiliki laser scanner dapat digunakan untuk menghitung volume suatu objek/area salah satunya stockpile pada bidang pertambangan. Perhitungan tersebut diperlukan untuk keperluan monitoring secara berkala kemajuan pekerjaan tambang.

  • Pemodelan 3D

Laser scanner dapat membentuk permukaan sebuah objek secara detail sehingga cocok digunakan untuk melakukan pemodelan 3D sebuah objek.

  • Pengamatan deformasi permukaan

Deformasi menjadi aspek penting khususnya dari sisi keselamatan kerja pekerjaan. Hasil pekerjaan di bidang infrastruktur, manufaktur, dan pertambangan perlu dipantau untuk mengevaluasi pergerakan yang terjadi pada suatu area. Oleh karena itu, laser scanner dapat mengidentifikasi pergerakan sebuah objek secara rinci pada dua pengamatan yang berbeda.