Berbagai Alat-Alat Surveyor dan Fungsinya

Untuk mendapatkan hasil yang akurat dalam pemetaan, tentu diperlukan alat surveyor yang dapat menunjang itu semua. Mengapa alat surveyor penting? Karena kita semua tahu bahwa relief permukaan bumi tidaklah rata, maka dari itu untuk dapat menghitung dan mengetahui besarnya sudut dan jarak permukaan bumi kita membutuhkan bantuan dari alat surveyor.

Alat ukur atau alat survey banyak sekali jenisnya dan untuk menggunakan salah satunya bisa disesuaikan dengan berbagai faktor. Setidaknya, terdapat berbagai alat surveyor yang bisa digunakan saat melakukan survey. Mulai dari yang sederhana hingga alat ukur yang lebih modern. Di bawah ini adalah beberapa alat-alat surveyor, yakni sebagai berikut:

  1. Meteran

Alat pengukur meteran

  1. Kompas

Kompas sebagai alat bantu surveyor, 

  1. Klinometer

Salah satu alat surveyor sederhana ini digunakan untuk mengukur sudut elevasi atau sudut kemiringan antara garis datar dan sebuah garis yang menghubungkan sebuah titik pada garis datar tersebut dengan titik puncak (ujung) sebuah objek.

  1. Waterpass

Alat surveyor waterpass, Sumber:

  1. Theodolit

Secara umum, alat survey ini berfungsi untuk menentukan tinggi tanah dengan sudut mendatar dan sudut tegak. 

  1. Total Station

Total station merupakan alat ukur elektronik yang berasal dari pengembangan theodolit 7. 7.Global Positioning System (GPS) Geodetik.

Alat surveyor yang terakhir adalah GPS Geodetik. GPS atau Global Positioning System Geodetik adalah sistem yang terdiri atas konstelasi satelit radio navigasi dan segmen kontrol tanah. 

 

Itulah ulasan mengenai berbagai alat surveyor beserta dengan fungsinya. Karena banyak jenisnya, maka bisa menggunakannya sesuai dengan objek yang diukur, dan lain-lain. Semoga informasinya bermanfaat. Apabila Anda ingin mengetahui berbagai informasi lainnya, Anda bisa langsung mengunjungi website https://arkabumi.id dan temukan berbagai informasi menarik pilihan Anda.